Jumlah Produksi Hortikultura

Hortikultura adalah segala hal yang berkaitan dengan buah, sayuran, bahan obat nabati, dan florikultura, termasuk di dalamnya jamur, lumut dan tanaman air yang berfungsi sebagai sayuran, bahan obat nabati, dan/atau bahan estetika (UU Nomor 13 Tahun 2010).

Produk Hortikultura adalah semua hasil yang berasal dari tanaman hortikultura yang masih segar atau yang telah diolah (UU Nomor 13 Tahun 2010).

Tanaman Florikultura adalah suatu kelompok jenis tanaman hortikultura yang bagian atau keseluruhanya dapat dimanfaatkan untuk menciptakan keindahan, keasrian, dan kenyamanan di dalam ruang tertutup dan/atau terbuka (UU Nomor 13 Tahun 2010).

Tanaman Sayuran semusim adalah tanaman sumber vitamin, garam mineral dan lain-lain yang dikonsumsi dari bagian tanaman yang berupa daun, bunga dan umbinya, yang berumur kurang dari satu tahun (Badan Pusat Statistik).

Tanaman buah-buahan semusim adalah tanaman sumber vitamin, garam mineral dan lain-lain yang dikonsumsi dari bagian tanaman yang berupa buah, berumur kurang dari satu tahun, tidak berbentuk pohon/rumpun tetapi menjalar dan berbatang lunak (Badan Pusat Statistik).

Tanaman sayuran tahunan adalah tanaman sumber vitamin, garam mineral dan lain-lain yang dikonsumsi dari bagian tanaman yang berupa daun dan atau buah yang berumur lebih dari satu tahun (Badan Pusat Statistik).

Tanaman buah-buahan tahunan adalah tanaman sumber vitamin, garam mineral dan lain-lain yang dikonsumsi dari bagian tanaman yang berupa buah dan merupakan tanaman tahunan (Badan Pusat Statistik).

Tanaman biofarmaka/ Bahan Obat nabati adalah tanaman yang bermanfaat untuk obat-obatan, kosmetik dan kesehatan yang dikonsumsi atau digunakan dari bagian-bagian tanaman seperti daun, batang, buah, umbi (rimpang) ataupun akar (Badan Pusat Statistik).

Jumlah Produksi Hortikultura adalah jumlah yang dihasilkan oleh sektor produksi hortikultura mulai dari Sayuran, Buah-buahan, bahan obat nabati dan florikultura dalam satuan Ton.

Data and Resources

Additional Info

Field Nilai
Last Updated October 10, 2023, 10:42 (WITA)
Dibuat February 3, 2023, 11:24 (WITA)
Kegunaan Untuk mengetahui besaran jumlah produksi hortikultura
Klasifikasi Bulanan
Tipe Data Numerik