Luas Lahan Pertanian

Lahan Sawah adalah areal tanah pertanian basah dan/atau kering yang digenangi air secara periodik dan/atau terus menerus ditanami padi dan/atau diselingi dengan tanaman semusim lainnya (Perpres Nomor 59 Tahun 2019).

Irigasi adalah usaha penyediaan, pengaturan, dan pembuangan air irigrasi untuk menunjang pertanian yang jenisnya meliputi irigasi permukaan, irigasi rawa, irigasi air bawah tanah, irigasi pompa, dan irigasi tambah (Perpres Nomor 59 Tahun 2019).

Daerah Irigasi adalah kesatuan lahan yang mendapat air dari satu jaringan irigasi (Perpres Nomor 59 Tahun 2019).

Lahan Sawah Ber-irigasi adalah lahan sawah yang memperoleh air dari jaringan irigasi meliputi sawah berigasi teknis, sawah beririgasi semi teknis, sawah beririgasi sederhana, dan sawah pedesaan (Perpres Nomor 59 Tahun 2019).

Lahan Sawah tidak beririgasi adalah lahan yang meliputi sawah tadah hujan dan sawah yang tidak dilengkapi sistem irigasi (lahan kering) (Perpres Nomor 59 Tahun 2019).

Luas Lahan Sawah Pertanian adalah total luas areal tanah pertanian dalam satuan hektar are yang meliputi lahan sawah beririgasi maupun lahan sawah tidak beririgasi.

Data and Resources

Additional Info

Field Nilai
Last Updated October 16, 2023, 09:02 (WITA)
Dibuat February 3, 2023, 11:11 (WITA)
Kegunaan Untuk mengetahui jumlah luas lahan pertanian Kabupaten Lombok Barat
Klasifikasi Tahunan
Tipe Data Numerik